Sabtu, 15 April 2017

Aplikasi Order Makanan/Minuman Di Warteg


 @moifal_a 
                Saat ini cukup banyak orang membangun bisnis dibidang kuliner karena ditunjang dengan gaya hidup masyarakat di indonesia yang suka makan diluar rumah. Kebiasaan ini dapat dijadikan peluang untuk membangun sebuah bisnis di bidang kuliner.
            Selain itu, Untuk menarik pelanggan perlu adanya inovasi baru dalam bisnis kuliner salah satunya dengan sistem komputerisasi menggunakan program atau aplikasi dalam proses pembayaran maupun informasi menu makanan. Menurut saya perlu adanya system komputerisasi pada kedai warteg agar kedai warteg bisa bersaing dengan restaurant terkenal. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat program sederhana untuk order makanan/miuman di Warteg menggunakan Java NetBeans 8.1.
            Tampilan/Display dari aplikasi ini, terdiri dari, Menu Makanan, Menu Minuman, Hitung, Hapus, Kembalian, dan Order   
            Program ini cukup sederhana karena hanya terdapat CheckBox , Label, Button pada tampilan program. Untuk membuat program order makanan di Warteg Anda perlu menginstall aplikasi, seperti: NetBeans 8.1, Java Runtime Environment(JRE) dan Java Development Kit(JDK). Berikut ini cara membuat program order makanan di Warteg  menggunakan Java NetBeans 8.1:

  Proses Pembuatan Order Makanan/Minuman di Warteg Modern

                       * Membuat Project baru
–>  Anda dapat memulai menjalankan java NetBeans pada Komputer
>  Pilih file > New project > Finish





    Pada file JFrame, ketika project/ file di run, akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


   Tampilan Message Box tersebut, menggunakan source code JOptionPane.showMessageDialog.


   Lalu ketika di klik “OK”, akan muncul tampilan menu makanan seperti gambar dibawah ini.


"CARA MEMASUKAN GAMBAR/FOTO di DISPLAY"
-> Pilih ‘Label’ pada ‘Swing Control’ –>> klik kanan, pilih ‘Properties’  –>> klik, pada tulisan ‘icon’ –>> browse gambar pada ‘External Image’ –>>klik, OK. Lalu gambar yang telah dimasukkan akan muncul pada file JFrame.

-> Setelah mengetahui langkah-langkah cara memasukkan gambar, Anda tinggal menambahkan ‘Swing Controls’ lainnya, seperti: Panel, Label, Button, Text Field, Check Box.


 " PENJELASAN TAMPILAN AWAL @WartegNusantara " :
->> Pada button ‘HAPUS’, difungsikan untuk menghilangkan atau menghapus semua data yang sebelumnya sudah terisi untuk melakukan proses pemesanan makanan yang baru.
->> Pada kolom "Text Field" di bawah "label" jumlah, berfungsi untuk mengetahui jumlah pesanan yg diinputkan oleh user.
->> Pada kolom "CheckBox" terdapat berbagai menu makanan dan minuman, itu berfungsi untuk memilih menu makanan/minuman yang diinputkan oleh user. caranya adalah kamu tinggal mengeklik salah satu Chechbox yang terdapat di menu lalu mengisikan jumlah pesanan di kolom jumlah.
->> Pada button ‘HITUNG’, difungsikan untuk mengetahui total harga dengan menggunakan rumus aritmatika. Tapi, isikan banyaknya jumlah makanan terlebih dahulu secara manual.
->> Pada button ‘KEMBALIAN’, difungsikan untuk menghitung ‘uang kembalian’ yang akan diterima.
->> Pada button ‘ORDER’, akan muncul tampilan Message Box dibawah ini dengan menggunakan source code JOptionPane.showMessageDialog dan System.exit(0); yang nantinya akan keluar otomatis dari aplikasi. seperti pada gambar dibawah ini.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
 * Dibawah ini adalah source code/koding secara keseluruhan dari project diatas :
  • JFrame ; Order Makanan di Warteg.
"Source code untuk tampilan Message Box"

import javax.swing.JOptionPane;
/**
 *
 * @author ACER
 */
public class wartegemakgw extends javax.swing.JFrame {
    private int a, b, h;

    /**
     * Creates new form wartegemakgw
     */
    public wartegemakgw() {
        initComponents();
        JOptionPane.showMessageDialog(null, "Selamat Datang di Warteg Nusantara !" + 
                "Silahkan Pilih Pesanan Anda. ");
    }

"Source code untuk 'checkbox' menu makanan yg mau dipilih "

 *langkah 1. ganti variable name di "check box" menu makanan, misal :    "rendang"
 *langkah 2. ganti variable name di "textfield" jumlah,                   misal  :   "txtrendang"
 *langkah 3. klik "check box"menu makanan, lalu klik kanan - events - action - action performed
 *langkah 4. lalu masukan source code dibawah ini, 
 *langkah 5. lakukan hal yang (langkah 3-4 ) sama pada "check box" menu makanan yang lain.

    private void rendangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        if(rendang.isSelected()==true){
        txtrendang.setEditable(true);
        }else{txtrendang.setEditable(false);
        txtrendang.setText("");}
    }                                       
    private void sayurrawonActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                           
        // TODO add your handling code here:
        if(sayurrawon.isSelected()==true){
        txtrawon.setEditable(true);
        }else{txtrawon.setEditable(false);
        txtrawon.setText("");}
    }                                          
    private void sayurasemActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                          
        // TODO add your handling code here:
        if(sayurasem.isSelected()==true){
        txtasem.setEditable(true);
        }else{txtasem.setEditable(false);
        txtasem.setText("");}
    }                                         
    private void sayurkrecekActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                            
        // TODO add your handling code here:
        if(sayurkrecek.isSelected()==true){
        txtkrecek.setEditable(true);
        }else{txtkrecek.setEditable(false);
        txtkrecek.setText("");}
    }                                           
    private void sayursopActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
        // TODO add your handling code here:
        if(sayursop.isSelected()==true){
        txtsop.setEditable(true);
        }else{txtsop.setEditable(false);
        txtsop.setText("");}
    }                                        
    private void eskelapaActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
        // TODO add your handling code here:
        if(eskelapa.isSelected()==true){
        txtkelapa.setEditable(true);
        }else{txtkelapa.setEditable(false);
        txtkelapa.setText("");}
    }                                        
    private void tehmanisActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                         
        // TODO add your handling code here:
        if(tehmanis.isSelected()==true){
        txtmanis.setEditable(true);
        }else{txtmanis.setEditable(false);
        txtmanis.setText("");}
    }                                        
    private void kopiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        if(kopi.isSelected()==true){
        txtkkopi.setEditable(true);
        }else{txtkkopi.setEditable(false);
        txtkkopi.setText("");}
    }                                    
    private void susuActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        if(susu.isSelected()==true){
        txtssusu.setEditable(true);
        }else{txtssusu.setEditable(false);
        txtssusu.setText("");}
    }                                    
    private void ikanActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        if(ikan.isSelected()==true){
        txtiikan.setEditable(true);
        }else{txtiikan.setEditable(false);
        txtiikan.setText("");}
    }                                    
    private void ayamActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                     
        // TODO add your handling code here:
        if(ayam.isSelected()==true){
        txtaayam.setEditable(true);
        }else{txtaayam.setEditable(false);
        txtaayam.setText("");}
    }                                    
    private void jengkolActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        if(jengkol.isSelected()==true){
        txtjengkol.setEditable(true);
        }else{txtjengkol.setEditable(false);
        txtjengkol.setText("");}
    } 
     private void perangActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(perang.isSelected()==true){
        txtperang.setEditable(true);
        }else{txtperang.setEditable(false);
        txtperang.setText("");}
    }                                      
    private void ramesActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        if(rames.isSelected()==true){
        txtrames.setEditable(true);
        }else{txtrames.setEditable(false);
        txtrames.setText("");}
    }                                     
    private void campurActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
        if(campur.isSelected()==true){
        txtcampur.setEditable(true);
        }else{txtcampur.setEditable(false);
        txtcampur.setText("");}
    }                                      
    private void putihActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
        if(putih.isSelected()==true){
        txtputih.setEditable(true);
        }else{txtputih.setEditable(false);
        txtputih.setText("");}
    }                                                                             
    "Source code untuk button 'HITUNG' "
   
     private void hitungActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                       
        // TODO add your handling code here:
     int total = 0;
     if(sayurrawon.isSelected()){
       String rawon = txtrawon.getText();
       int jumlahrawon = Integer.parseInt(rawon);
       int hargarawon  = jumlahrawon * 5000;
       total = total + hargarawon;
     }
     if(sayurasem.isSelected()){
       String asem = txtasem.getText();
       int jumlahasem = Integer.parseInt(asem);
       int hargaasem  = jumlahasem * 3000;
       total = total + hargaasem;
     }
     if(sayurkrecek.isSelected()){
       String krecek = txtkrecek.getText();
       int jumlahkrecek = Integer.parseInt(krecek);
       int hargakrecek  = jumlahkrecek * 5000;
       total = total + hargakrecek;
     }
     if(sayursop.isSelected()){
       String sop = txtsop.getText();
       int jumlahsop = Integer.parseInt(sop);
       int hargasop  = jumlahsop * 7000;
       total = total + hargasop;
     }
     if(eskelapa.isSelected()){
       String kelapa = txtkelapa.getText();
       int jumlahkelapa = Integer.parseInt(kelapa);
       int hargakelapa  = jumlahkelapa * 3000;
       total = total + hargakelapa;
     }
     if(tehmanis.isSelected()){
       String manis = txtmanis.getText();
       int jumlahmanis = Integer.parseInt(manis);
       int hargamanis  = jumlahmanis * 2000;
       total = total + hargamanis;
     }
     if(kopi.isSelected()){
       String kkopi = txtkkopi.getText();
       int jumlahkopi = Integer.parseInt(kkopi);
       int hargakopi  = jumlahkopi * 2500;
       total = total + hargakopi;
     }
     if(susu.isSelected()){
       String susu = txtssusu.getText();
       int jumlahsusu = Integer.parseInt(susu);
       int hargasusu  = jumlahsusu * 3000;
       total = total + hargasusu;
     }
     if(ikan.isSelected()){
       String iikan = txtiikan.getText();
       int jumlahikan = Integer.parseInt(iikan);
       int hargaikan  = jumlahikan * 6000;
       total = total + hargaikan;
     }
     if(ayam.isSelected()){
       String ayam = txtaayam.getText();
       int jumlahayam = Integer.parseInt(ayam);
       int hargaayam  = jumlahayam * 6000;
       total = total + hargaayam;
     }
     if(jengkol.isSelected()){
       String jengkol = txtjengkol.getText();
       int jumlahjengkol = Integer.parseInt(jengkol);
       int hargajengkol  = jumlahjengkol * 5000;
       total = total + hargajengkol;
     }
     if(rendang.isSelected()){
       String rendang = txtrendang.getText();
       int jumlahrendang = Integer.parseInt(rendang);
       int hargarendang  = jumlahrendang * 7000;
       total = total + hargarendang;
     }
     if(rames.isSelected()){
       String rames = txtrames.getText();
       int jumlahrames = Integer.parseInt(rames);
       int hargarames  = jumlahrames * 9000;
       total = total + hargarames;
     }
     if(campur.isSelected()){
       String campur = txtcampur.getText();
       int jumlahcampur = Integer.parseInt(campur);
       int hargacampur  = jumlahcampur * 11000;
       total = total + hargacampur;
     }
     if(perang.isSelected()){
       String perang = txtperang.getText();
       int jumlahperang = Integer.parseInt(perang);
       int hargaperang  = jumlahperang * 9000;
       total = total + hargaperang;
     }
     if(putih.isSelected()){
       String putih = txtputih.getText();
       int jumlahputih = Integer.parseInt(putih);
       int hargaputih  = jumlahputih * 2500;
       total = total + hargaputih;
     }
     totalharga.setText("" + total);
      
    }

     "Source code untuk button 'HAPUS' "
      
      private void hapusActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                      
        // TODO add your handling code here:
      txtrawon.setEditable(false);
      txtrawon.setText("");
      sayurrawon.setSelected(false);
      
      txtasem.setText("");
      sayurasem.setSelected(false);   
      
      txtkrecek.setText("");
      sayurkrecek.setSelected(false);
      
      txtsop.setText("");
      sayursop.setSelected(false);
    
      txtkelapa.setText("");
      eskelapa.setSelected(false);
     
      txtmanis.setText("");
      tehmanis.setSelected(false);
      
      txtkkopi.setText("");
      kopi.setSelected(false);
      
      txtssusu.setText("");
      susu.setSelected(false);
       
      txtiikan.setText("");
      ikan.setSelected(false);
     
      txtaayam.setText("");
      ayam.setSelected(false);
      
      txtjengkol.setText("");
      jengkol.setSelected(false);
       
      txtrendang.setText("");
      rendang.setSelected(false);
      
      txtrames.setText("");
      rames.setSelected(false);
     
      txtcampur.setText("");
      campur.setSelected(false);
       
      txtperang.setText("");
      perang.setSelected(false);
     
      txtputih.setText("");
      putih.setSelected(false);
      
      totalharga.setText("");
      bayar.setText("");
      kembalian.setText("");

           "Source code untuk button 'KEMBALIAN' "

  * jangan lupa guys tambahkan tulisan " private int a, b, h; " seperti dibawah ini 
                    public class wartegemakgw extends javax.swing.JFrame {
      --->>>   private int a, b, h;   
  private void hitungkemActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                        
        // TODO add your handling code here:
        a = Integer.parseInt(bayar.getText());
        b = Integer.parseInt(totalharga.getText());
        h = (b - a);
        kembalian.setText(String.valueOf(h));
    }      
         "Source code untuk button 'ORDER' "
   
    private void orderActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {                                    
        // TODO add your handling code here:
         JOptionPane.showMessageDialog(null, "Terima kasih Atas Pesanan Anda. ");
         JOptionPane.showMessageDialog(null, "Pesanan Anda Akan Kami Proses. ");
         System.exit(0);
    }                          

        #  Jangan lupa guys ganti variable name di "Text field" PROSES TRANSAKSI
        1. Text field yang di bawah Button Hitung dan Hapus
            Ganti Variable Name, text field menjadi "totalharga"
        2. Text field Bayar (Rp) 
            Ganti Variable Name, text field menjadi "bayar"
        3. Text field Kembalian (Rp) 
            Ganti Variable Name, text field menjadi "kembalian"

        #  Jangan lupa juga guys ganti variable name di "Button" PROSES TRANSAKSI
        1. Button "HITUNG"
            Ganti Variable Name, Button HITUNG menjadi "hitung"
        2. Button "HAPUS"
            Ganti Variable Name, Button HAPUS menjadi "hapus"
        3. Button "KEMBALIAN"
            Ganti Variable Name. Button KEMBALIAN menjadi "hitungkem"
        4. Button "ORDER"
            Ganti Variable Name, Button ORDER menjadi "order"

       
KALAU SUDAH SEMUA KITA COBA RUN "SHIFT+F6"
  







        Ok Tutorial Membuat Aplikasi Order Makan/Minum di Warteg Telah Selesai Sekian tentang Tutorial Membuat Aplikasi Order Makan/Minum di Warteg, Mohon maaf bila masih banyak yang harus di perbaiki dan di kembangkan lagi. Terima Kasih... :) Happy Coding............ 







9 komentar:

  1. Terimakasih !
    Saya suka Projek ini. :D

    BalasHapus
  2. ini ngga konnenct ke mysql ya ?

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak gan. ijin mengembangkan ya

    BalasHapus
  4. sangat membantu :) terima kasih

    BalasHapus
  5. Bagus, tapi kalo kita ga pesen, pesanan tetap diproses. Terimakasih

    BalasHapus
  6. Ini langsung ke source code di framenya yang program drivernya ada gak

    BalasHapus
  7. Kak boleh minta tolong agar lebih mudah, itu di pembayaran, total semua sama kembalian agar bisa tulisan Rp dan titik disetiap angka 3 dari belakang, gimana codingnya

    BalasHapus
  8. Setting total harga nya gimna

    BalasHapus